Barakallah Fii Umrik Artinya, Arab, Latin dan Jawabannya

oleh -239 Dilihat
oleh
Barakallah Fii Umrik
Barakallah Fii Umrik

Radar BeritaBarakallah Fii Umrik, sebuah ungkapan yang kini semakin populer di kalangan umat Muslim ketika merayakan hari ulang tahun rekan seiman.

Ungkapan ini merupakan doa yang baik yang diucapkan untuk teman yang berulang tahun, dengan harapan agar Allah SWT memberikan berkah dalam hidupnya.

Kalimat “بركة الله في عمرك” yang sering didengar dan diucapkan, bahkan dijadikan syair dalam perayaan ulang tahun, mengandung doa yang baik dan akan dikabulkan apabila didoakan dengan ikhlas.

Ucapan Barakallah Fii Umrik umumnya ditujukan kepada orang yang sedang berulang tahun atau bayi yang baru lahir, dengan tujuan memohon agar Allah SWT memberikan berkah dalam umurnya.

Makna dari ucapan Barakallah Fii Umrik adalah sebagai berikut:

  1. Semoga Allah SWT memberkahi umurmu.
  2. Semoga Allah SWT memberkahi usiamu.
  3. Semoga Allah SWT memberkahi kelahiranmu.
  4. Semoga Allah SWT memberkahi kehidupanmu.

Ucapan ini merupakan doa yang baik dan dianjurkan untuk mendoakan sesama Muslim, sebagaimana yang diajarkan oleh Rosulullah SAW.

Tentang hukum mengucapkan kalimat “Barakallah Fii Umrik,” meskipun tidak ada dalil yang secara khusus mengatur tentang ucapan ini, namun mengingat maknanya yang baik, ucapan ini diperbolehkan dan merupakan doa kebaikan.

Rosulullah SAW juga menganjurkan agar umat Muslim saling mendoakan, dan doa antar sesama Muslim akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Sabda Rosulullah SAW :

المُسلِمُ أَخُو المُسلِمِ لاَ يَظلِمُهُ وَلَا يَخذُلُهُ وَلَا يَحقِرُهُ التَقوَى هَاهُنَا وَ يُشِيرُ إِلَى صَدرِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ بِحَسبِ امرِىءٍ مِنَ الشَّرِّ أَن يَحقِرَ أَخَاهُ المُسلِمَ كُلُّ المُسلِمِ عَلَى المُسلِمِ حَرَامٌ دَمُهُ وَ مَالُهُ وَ عِرضُهُ . رَوَاهُ مُسْلِم

Artinya : Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya; Tidak boleh menzhalimi atau menghinakan atau mencelanya. Ketakwaan ada di sini –sambil menunjuk ke arah dada tiga kali. Cukuplah seorang muslim itu menjadi jelek hanya dengan mencela saudaranya sesama muslim. Setiap muslim terhadap muslim yang lain diharamkan darahnya, harta, serta kehormatannya. (H.R. Muslim)

Sebagai jawaban atas ucapan “Barakallah Fii Umrik,” disarankan untuk mengucapkan “Wafiika Barakallah” yang artinya adalah “Semoga Allah SWT memberikan keberkahan padamu.”

Mengucapkan doa yang baik sebagai balasan atas doa yang baik akan mempererat hubungan persaudaraan antar sesama Muslim.

Kesimpulannya, mengucapkan “Barakallah Fii Umrik” adalah doa yang baik dan dianjurkan dalam Islam, serta diperbolehkan untuk digunakan sebagai ucapan selama maknanya bersifat positif.

Dengan pemahaman yang benar, tidak ada alasan untuk menyatakan bahwa ucapan ini sebagai bid’ah atau haram.

No More Posts Available.

No more pages to load.